Friday, September 19, 2014

Menata Ruang Pesta Pernikahan

Menata ruang pesta pernikahan jogjadekor 087838432001 -  Penting untuk dicermati dalam  menata dan mengelola  ruang atau lokasi yang digunakan untuk acara perayaan pernikahan, agar terlihat indah dan nyaman. Kenapa harus Indah dan nyaman..? karana Indah belum tentu nyaman demikian pula nyaman juga belum tentu indah. Indah dan nyaman harus tergabung menjadi satu meskipun dengan berbagai keterbatasan seperti ruangan sempit, maupun biaya yang terbatas. Keindahan dapat diciptakan dengan dekorasi yang sesuai,   dekorasi disini  tidak hanya desain pelaminan, akan tetapi mencakup penataan sehingga terlihat indah dimata dan nyaman untuk berada dalam area tersebut. Sehubungan dengan kenyamanan, nyaman yang dimaksud tidak hanya nyaman bagi mempelai, keluarga, ataupun panitia, karena nyaman bagi yang telah tersebut tadi  belum tentu nyaman bagi tamu, sehingga hal ini penting untuk kita kaji bersama. Bagaimana mendesain dan menata ruang pesta rumahan dalam acara pesta Pernikahan.haruis benar-benar diperhatikan. Berikut ini saya sampaikan dari pengalaman yang saya cermati selama saya menekuni bidang Dekorasi dan wedding organizer dalam hal yang sederhana :
  • Sehubungan dengan Panggung pelaminan, usahakan arahkan Panggung pelaminan berhadapan dengan  Pintu masuk, tempatkan panggung ditempat yang dapat dilihat disegala arah, jika tidak memungkinkan maka ambil sayap kanan panggung berada di arah datangnya tamu. hal ini karena biasanya tamu tanpa dikomando akan berjabat tangan dengan mempelai dari arah kanan atau arah jarum jam. 
  • Panggung Pentas, jika ada pentas yang mengiri pesta anda sebaiknya tinggi panggung harus disesuaikan dengan panggung pelaminan. Sering kita menemui panggung orgen tunggal lebih tinggi dan bahkan lebih lebar, hal ini kurang baik karena justru tamu akan seperti nonton konser. bagaimanapun Panggung pelaminan dan pengantin lebih prioritas.
  • Hindari Penataan meja untuk menu makanan berada di dekat pintu masuk,  karena kalau tamunya banyak dapat menyebabkan kemacetan. Selain itu menaruh makanan terlalu dekat dengan pelaminan juga kurang etis, selain tamu jadi canggung seolah-olah saat mereka ambil makanan seperti diawasi  sedangkan sudah ada panitia yang mengurus hal tersebut.
  • Jika menggunakan tenda, sebisa mungkin tinggikan tenda diatas standart, kira-kira   3, meter biar tidak terkesan sesak atau sumpek. Saat memasang tenda dan penutup juga memperhatikan arah sinar matahari, sebagai contoh jika jam sekitar jam sembilan  pagi matahari masih mengharah dari arah timur sehingga diperlukan penutup dari arah tersebut.
  • Jumlah meja prasmanan harus menyesuaikan jumlah tamu, termasuk tetap menyediakan kursi meskipun acaranya standing party, karena kita tidak tau nanti kehadiran  tamu yang sudah  jompo, cacat, ibu hamil, dan lain sebagainya.
  • Apabila tidak menggunakan AC yang cukup, sebaiknya berikan ventilasi sebanyak mungkin, terlalu tertutup kain berkeliling penuh akan  membuat tamu tidak nyaman sehubungan dengan kurangnya suplai udara.
  • Tamu adalah Raja, anda yang mengundang. Kenyamanan mereka tanggungjawab anda bukan semata-mata hanya tanggungjawab panitia, karena nama anda yang dipertaruhkan dihadapan keluarga besar, sahabat, teman, relasi dan semua yang anda libatkan.
  • Pastikan semua penataan nyaman untuk tamu dari mulai mereka menempatkan parkir motor, menyeberang jalan, meja buku tamu, jabat tangan dengan among tamu, berjabat tangan dengan mempelai, duduk, menikmati makanan, ngobrol bersantai,  hingga mereka lepas dari area pesta anda.