Wednesday, May 30, 2018

Menata Tanaman | Cara Membuat Taman Mini Garden Sederhana

Menata Tanaman | Cara Membuat Taman Mini Garden Sederhana. Sobat Kreatif kali ini saya akan berbagi hal yang sudah biasa saya lakukan karena ini memang bagian dari bidang usaha saya yaitu di bidang dekorasi ntermasuk penataan tanaman untuk membuat taman atau mini garden. Biasanya saya membuat taman buatan atau mini garden untuk dipasang di acara event seperti evebt gathering, acara pernikahan wedding, acara pentas panggung acara ulang tahun dan sebaginya. Pembuatan mini garden juga biasa dilakukan baik di lokasi indoor maupun outdoor

membuat mini garden
Mini Garden Out door

Tentuna sobat kreatif sering melihat ketika datang ke suatu pesta pernikahan, didepan pintu gate, atau di depan panggung pelaminan sering kita melihat ada taman atau mini garden yang dipasang disitu, Sering juga mini garden buatan kita lihat di stand-stand pameran, panggung event gathering,  taman untuk seminar dan sebagainya. Disitulah pentingnya mini garden untuk pemanis ruangan, meskipun sebenarnya pengetahuan tentang Menata Taman cara membuat taman mini garden sederhana dapat di gunakan untuk berbagai kepaerluan serta dapat juga membuat mini garden untuk  menghias haloaman rumah sendiri.

Langsung saja kita berbagi tentang apa yang harus dilakukan sebelum kita membuat mini garden, kita ambil contoh misalkan kita mau membuat taman atau mini garden di depan teras rumah, sebelumnya kita bayangkan dulu atau buat orek-orekan konsep gitu lebar teras berapa, dan seberapan yang akan kita kasih taman serta darimana orang akan lewat berlaulalang, hal ini agar taman tetap aman, dan yang lewat juga tetap nyaman, Setelah jadi konsep di benak anda berikut yang harus dilakukan:
taman dekorasi
Taman Jogja

Memilih Tanaman untuk membuat mini garden
Memilih tanaman untuk taman sebenarnya tidak begitu sulit ya, tentunya kalau tanaman harus beli ya perkirakan saja uang kita cukup, karena banyak tanaman-tanaman yang di jual sangat murah. Sangat murah disini dibandingkan kalau kita mulai dari mengembang biakkan, merawat dari kecil begitu yaa sobat kreatif. Bagaimana kita memilih tanaman, kalau saya memberikan pendapat begini : Jangan terlalu banyak jenisnya, misalkan 4 macem, terdiri dari 4 jenis kategori besar agak besar, sedang, dan kecil-kecil. Kategori besar itu seberapa? ya kalu ini melihat kenyamanan nada saja ketika tanaman itu akan berada di teras anda misalkan yang paling tinggi ukuran 50 cm  yang paling pendek ukuran 20 cm . Jadi itu ya.. ukuran tanaman dan tidak perlu terlalu banyak jenisnya, jika anda suka jenis-jenis lain maka sabar dulu anda bisa membuatnya lagi di lokasi atau titik yang lain.

Asesoris taman
Asesoris ini bermacam-macam jenisnya, ada dari bahan batu kapur, ada seperti tempat lampion, ada bebatuan, ada lampu-lampu hias, rumput-rumputan, dan sebagainya. Itu  beberapa asesoris yang mudah anda dapatkan di toko- taman, atau juga di toko aquarium biasanya banyak aneka bebatuan, serta topko lampu . Untuk hal itu silahkan anda memilih apa sebagai asesoris taman yang akan anda buat.

Cara Menata Taman Mini Garden
Sebenarnya cara menata taman ini tidak ada rumus-rumus tertentu ya, cuma sebagai gambaran agar tidak binguing dan kelamaan anda berfikir model atau cara menata, maka langsung saja ambil konsep atau gambar yang sudah anda gambar di awal. Tempatkan tanaman sesuai selera kamu, anda bisa menggabungkan per jenis, sertav tempatkan tanaman yang tinggi di belakang, tanaman sedang, serta kecil di depan, buatlah model liukan-liukan jika ternyata itui perlu sehingga tidak kelihatan polos. Setelah anda sudah menempatkan pot-pot tanaman, rapatkan dan usahakan pot-pot yang belakan tidak terlihat secara jelas. sehingga kelihatan rimbun.

Lihat dari Beberapa titik pandang, atau sudut pandang
Untuk melihat taman itu sudah oke belum, sobat harus melihat btaman yang sudah ditata itu sudah pas apa belum dengan menentukan beberapa cara sebagai berikut :
Tentukan arah pandang utama, artinya dari titik mana taman itu paling indah dilihat. Misalkan tadi kita mengambil contoh taman di depan teras, yang kita bisa ambil contok titik pandang dari pintu pagar masuk halaman kita gitu, atau taman itu paling indah kalau dilihat dari jalan depan rumah, atau bisa juga anda menentukan dari mana yang sobat suka.
Setelah dirasa oke, anda bisa menempatkan asesoris taman yang sudah anda miliki sebagai pelengkap dan pemanis taman yang sudah anda buat.

Demikian sobat kita berbagi pengalaman, dan semoga bermanfaat bagi anda dan selamat mencoba. Sukses selalu untuk karya-karya anda, terimakasih telah berkunjung ke web jogjadekor.com dan baca juga artikel-artikel saya byang lain.